Jumat, 14 November 2008

BULE AJA BISA !!!!! KO' KITA BELAJAR AJA MALES

Laporan dari Praha
Goyang Hot Bajidor Kahot Panaskan RefuFest Ceko
Eddi Santosa - detikNews

Tari Bajidor Kahot dan Topeng Cirebon di Refufest, Praha


hot para penari Bajidor Kahot mengundang standing ovation nan panjang. Pesona tarian dinamis dari Sunda ini mendorong penonton interaktif ikut goyang-goyang Pinggul.

Ditarikan oleh tiga dara cantik, Tari Bajidor Kahot mengawali pembukaan RefuFest yang digelar di Namesti Miru, Praha, Ceko, pada Jumat-Sabtu, 20-21/6/2008.

RefuFest adalah festival tahunan di Praha yang menghadirkan kesenian dari berbagai etnik. Indonesia mendapat kehormatan membuka RefuFest karena bertepatan dengan peringatan 50 Tahun Perjanjian Kebudayaan Indonesia-Ceko yang diperingati tahun ini.

Di samping Indonesia, RefuFest kali ini menurut Korfungsi Pensosbud Azis Nurwahyudi kepada detikcom, juga menghadirkan seni kebudayaan dari Myanmar, Cina, Afghanistan, Syiria, dan negara-negara Eropa Timur lainnya.

Tari Bajidor Kahot merupakan penggebrak dan penghangat acara. Selain tarian ini Indonesia juga menampilkan Tari Topeng Cirebon, Margapati, dan Gabor yang dibawakan oleh para penari dari Kintari Performance Group pimpinan Jana Vozabova bekerjasama dengan KBRI Praha.

Even Refufest ini sekaligus dimanfaatkan untuk memamerkan ragam benda tradisional termasuk perhiasan khas Indonesia yang dijual oleh para eks mahasiswa Ceko penerima beasiswa Dharmasiswa dari Deplu RI. Mereka akan menyumbangkan hasil penjualan untuk membantu pendidikan anak-anak kurang mampu di Lombok.

Promosi kebudayaan pada even Refufest 2008 ini diharapkan dapat semakin meningkatkan pengenalan kebudayaan Indonesia serta menumbuhkan sikap saling pengertian dan menghargai berbagai perbedaan yang ada dalam komunitas multikultur.
(es/es)

Tidak ada komentar: